Sabtu, 13 November 2021

Mengenali bagian - bagian pada Excel beserta Fungsinya

Pada artikel ini admin akan membahas, apa saja bagian dari Excel. Banyak orang yang belum tau bagian-bagian yang ada pada Excel. Ibarat ungkapan untuk manusia “Kenal wajah tapi lupa nama”. Disini admin akan memberikan penjelasan satu per satu bagian yang ada pada Excel agar kita lebih dekat dan akrab dengan Aplikasi pengolah data satu ini. Excel yang admin gunakan ada versi Office 2019, tidak banyak perbedaaan tampilan Excel untuk versi 2007 ke atas.

Gambar diatas merupakan tampilan Excel versi 2019

 Berikut ini adalah bagian-bagian Excel beserta fungsinya

1.    Worksheet Area

Worksheet area merupakan lembar kerja yang digunakan untuk memasukan data, tabel ataupun konten lainnya. Worksheet area terdiri baris dan kolom atau Row dan Column. Di dalam Worksheet area terdapat Cell, yang merupakan kotak kecil pertemuan antara Baris dan Kolom. Contoh Cell "A15", merupakan kotak kecil yang berada pada Kolom A baris 15.

2.    Column Headings

Column Headings atau Nama Kolom adalah bagian Excel yang berisi Informasi kolom. Kolom yang terdapat pada Excel versi Office 2019 yaitu Kolom A sampai dengan XFD. Perlu diingat Kolom di Excel itu merupakan tabel yang berjejer ke samping atau secara Horizontal.

3.    Row Headings

Lain halnya dengan Column Headings, Row Headings atau Nama Baris merupakan kebalikan dari Nama Kolom. Baris merupakan tabel yang memanjang secara vertikal. Nama Baris pada Excel memiliki Jumlah sebanyak 1048576.

4.    Formula Bar

Formula bar adalah kolom pada Excel yang berfungsi untuk Memasukan, Mengedit, ataupun menampilkan isi dari Cell yang aktif. Isi dari Cell dapat berupa rumus, angka, maupun teks.

5.    Name Box

Name Box adalah kotak yang menunjukan Informasi posisi Cell aktif pada Worksheet.

6.    Ribbon

Ribbon merupakan kumpulan tombol perintah yang dikumpulkan dalam satu tab menu berdasarkan fungsinya. Seperti Tab menu Home, Insert, Page View, Formulas dan lainnya. 

7.    Tittle Bar

Tittle Bar adalah bagian pada excel yang menunjukan Informasi nama file workbook pada Excel.

8.    Window Management

Windows Management adalah bagian excel yang memuat fungsi Window pada aplikasi Excel Seperti Minimize, Restore Down, Close dan juga Ribbon Display Option.

9.    Quick Access Toolbar

Bagian ini berisi Buttons atau tombol-tombol umum yang sering kita gunakan.

10.  Sheet Tab

Sheet Tab merupakan menu yang berfungsi untuk beralih ke worksheet lainnya. Selain itu Sheet Tab juga dapat menambakan, menghapus, maupun mengganti nama worksheet.

11.  Page View 

Bagian ini memiliki fungsi untuk merubah tampilan pada jendela Excel. Pada bagian ini memiliki beberapa tombol Fungsi seperti, Zoom In dan Zoom Out tampilan, Page Layout untuk melihat tampilan dalam bentuk lembar kerja yang akan diprint, dan juga Page Break Preview yang berfungsi untuk menampilkan halaman secara terpisah pada suatu sheet.

Previous Post
Next Post

0 komentar: